JAYAPURA (PAPOS) -Pesawat milik maskapai penerbangan Express Air tergelincir dari landasan pacu, Kamis (6/11) pagi kemarin, setelah beberapa saat landing (mendarat, red) di Bandara Torea Fak-fak.

Dilaporkan, kecelakaan itu tidak membawa korban jiwa, semua penumpang di pesawat Exprees Air jenis Dornier 328, dipiloti Kapt Josep dan co pilot Kapt Setia Darmawan, yang mengangkut 4 kru dan 32 penumpang selamat.

Setelah landing pesawat Express Air mengalami down drop di titik 3M sebelum ujung runway/aspal, sehingga pada saat roda terbentur ujung aspal, membuat

pesawat oleng ke kiri. Selanjutnya, pesawat berhenti di kanan landasan dengan kondisi as roda sebelah kiri dan kanan patah, baling-baling pesawat sebelah kiri rusak.

“Pesawat Express Air dilaporkan berangkat dari Bandara Sorong pukul 09. 9.58 dan pada pukul 10.27 pesawat down drop di titik 3M sebelum ujung runway/aspal dan roda pesawat patah,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Agus Rianto kepada wartawan, Kamis (6/11) kemarin.

Seluruh kru dan penumpang dalam keadaan selamat tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat tersebut. “Semua penumpang selamat,” ujarnya.

Saat ini pihak penerbangan masih koordinasi dengan pusat dan melaporkan kejadian tersebut kepada KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) di Jakarta.

Kepolisian setempat yang mendapat laporan adanya kecelakaan pesawat bergerak cepat mengamankan tempat kejadian perkara (TKP). “Kami langsung melakukan evakuasi penumpang dan koordinasi dengan pihak bandara guna langkah lebih lanjut,” ujar Agus Rianto.

Pasca kecelakaan, Bandara Fakfak sementara ditutup belum bisa didarati pesawat, karena pesawat Express Air masih berada ditengah-tengah landasan/runaway.(feri)

Sumber : http://papuapost.com

Iklan