JAYAPURA-Pemkab Yahukimo terus menggenjot peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dengan mengirimkan 10 orang mahasiswa asal Kabupaten Yahukimo untuk mengikuti pendidikan strata dua atau S2 di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

“Ke-10 orang ini kami kirim sekolah S2 khususnya disiplin ilmu pemerintahan ke Unpad dan mereka akan mengikuti materikulasi di Bandung,” kata Bupati Yahukimo, Ones Pahabol SE, MM kepada Cenderawasih Pos, semalam.

Dikatakan, pengiriman mahasiswa untuk mengikuti pendidikan S2 ke Unpad, merupakan upaya dari Pemkab Yahukimo untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki disiplin ilmu yang dibutuhkan. Sebab dengan adanya jabatan dari instansi vertikal ke otonom yang agak sulit, padahal kebutuhan tersebut sangat mendesak. Sehingga masih banyak jabatan yang terpaksa diisi oleh orang yang tidak sesuai dengan kompetensinya, termasuk di tingkat distrik-distrik.

Untuk itu, lanjut Bupati Pahabol, ke depan pihaknya akan menempatkan orang yang memiliki disiplin ilmu yang cocok ntuk menempati jabatan sesuai dengan kompetensinya, seperti yang saat ini masih terjadi yakni pengangkatan kepala distrik yang bukan dari disiplin ilmu yang dimiliki, termasuk mengangkat guru menjadi kepala distrik karena keterbatasan SDM.
“Memang masih ada pengisian jabatan pemeirntahan yang belum sesuai dengan disiplin ilmu pemerintahan yang cocok, sehingga Pemkab berusaha untuk mengejar memenuhi hal ini,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Pahabol mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan Memoradum of Understanding (MoU) dengan STIPAN dan akan mengirimkan 45 orang yang gagal mengikuti tes masuk IPDN untuk mlanjutkan studi di STIPAN. Dengan demikian diharapkan dalam 8 – 10 tahun mendatang dalam pengisian jabatan sesuai dengan disiplin ilmu pemerintahan dapat teratasi.”Memang harus ada kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di masing-masing kota studi untuk mendukung upaya Pemkab Yahukimo dalam meningkatkan kualitas SDM ini,” imbuhnya. (bat)

Sumber: Radar Yahukimo (cenderawasihpos.com)

Iklan